Manajemen Strategis Dalam Usaha Bisnis

Diposting pada

Manajemen Strategis Dalam Usaha Bisnis -Belajar untuk mengembangkan manajemen strategis sebenarnya seperti kita saat bermain Catur.Bagaiman kita harus menang ? Yah benar,kita hanya perlu menyusun Strategi untuk memenangkannya.

Manajemen Strategis Dalam Usaha Bisnis merupakan suatu seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan, manajemen strategis berfokus pada suatu proses penetapan dari tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan dengan tujuan untuk mencapai sasaran, serta mengalokasikan sumber daya untuk dapat menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan dari organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam hal ini terdapat tiga tahapan dalam manajemen strategis, yaitu perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi.

Management strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direksi dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategis bertugas memberikan arahan keseluruhan untuk perusahaan dan terikat penuh dengan bidang perilaku organisasi.

Inti dari Manajemen Strategis yaitu mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber daya, dan bagaimana sumber daya yang ada tersebut dapat digunakan dengan secara paling efektif untuk memenuhi tujuan strategis.Saat ini harus memberikan fondasi dasar atau pedoman untuk pengambilan keputusan dalam organisasi. Hal ini adalah proses yang berkesinambungan dan terus-menerus. Rencana strategis organisasi adalah suatu dokumen hidup yang selalu dikunjungi dan kembali tntuk dikunjungi. Bahkan mungkin sampai dianggap suatu cairan ,karena sifatnya yang selalu terus harus dimodifikasi. Seiring dengan adanya informasi baru yang telah tersedia, dia harus digunakan untuk membuat penyesuaian dan revisi.

Beberapa pakar dalam ilmu manajemen mendefinisikan Manajemen Strategis dengan cara yang berbeda-beda.Simak definisi berikut :

Ketchen (2009) mendefinisikan manajemen strategis sebagai analisis, keputusan, dan aksi yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.Definisi ini menggambarkan dua elemen utama manajemen strategis. Pertama, manajemen strategis dalam sebuah perusahaan yang berkaitan erat dengan proses yang berjalan (ongoing processes): analisis, keputusan, dan tindakan. Manajemen strategis berkaitan dengan bagaimana manajemen menganalisis sasaran strategis (visi, misi, tujuan) serta kondisi internal dan eksternal yang akan dihadapi perusahaan. Selanjutnya, perusahaan harus menciptakan keputusan strategis. Keputusan ini harus mampu menjawab dua pertanyaan utama:

1. industri apa yang digeluti perusahaan.
2. bagaimana perusahaan harus bersaing di industri tersebut.

Terakhir, tindakan diambil untuk menjalankan keputusan tersebut. Tindakan yang perlu dilakukan akan mendorong manajer untuk mengalokasikan sumber daya dan merancang organisasi dengan tujuan untuk mewujudkan kenyataan.

Elemen kedua, Manajemen Strategis adalah studi tentang mengapa sebuah perusahaan mampu mengalahkan perusahaan lainnya. Manajer perlu menentukan bagaimana perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang tidak hanya unik dan berharga, tetapi juga sulit ditiru atau dicari subtitusinya sehingga mampu bertahan lama. Keunggulan kompetitif yang mampu bertahan lama biasanya akan didapatkan dengan melakukan aktivitas berbeda apa yang dilakukan pesaing, atau melakukan aktivitas yang sama dengan cara yang berbeda.

Porter (1996) mendefinisikan strategi sebagai “penciptaan posisi unik dan berharga yang didapatkan dengan melakukan serangkaian aktivitas”. Porter menjabarkan tiga basis posisi strategis. Ketiganya tidak mutually exclusive dan seringkali saling bersinggungan. Basis pertama didapatkan dengan memproduksi bagian kecil (subset) sebuah produk dari industri tertentu. Porter menyebutnya sebagai ” variety-based positioning”,karena posisi ini berasal dari pemilihan produk, bukan berdasarkan segmentasi konsumen. Dengan kata lain, perusahaan berusaha memenuhi sedikit kebutuhan dari banyak orang.

Beberapa arti atau kesimpulan manajemen strategis di stas dapat kita simpulkan,bahawa setiap tindakan atau pekerjaan yang kita lakukan membutuhkan strategi untuk mengatur kesuksesan kita.

Loading...

Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga Manajemen Strategis Dalam Usaha Bisnis Terbaru Agustus 2018 bermanfaat. Hati-hati terhadap segala tindak penipuan dalam perekrutan karyawan.