Pengertian Permodalan Dari Para Ahli Bisnis

Diposting pada

Jobsistem.com – Pengertian Permodalan Dari Para Ahli Bisnis

Permodalan dapat berupa bentuk uang yang  diperlukan untuk membiayai dari segala keperluan usaha,seperti biaya prainvestasi,pengurusan izin,biaya investasi untuk pembelian aktivas tetap,sampai modal kerja.Modal keahlian adalah keahlian dan kemampuan seseorang untuk mengelola atau menjalankan suatu usaha.

Permodalan
Pengertian Permodalan Dari Para Ahli Bisnis

Banyak sekali para ahli bisnis yang mengartikan tentang Permodalan. Manakah yang mungkin paling tepat tentang pengertian permodalan bagi anda ? Berikut Pengertian Permodalan Dari Para Ahli Bisnis  :

  • Menurut Alam S, modal adalah segala sumber daya hasil produksi yang tahan lama,yang dapat digunakan sebagai input produktif dalam proses produksi berikutnya.
  • Menurut Prof. Baker, modal diartikan baik berupa barang – barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang terdapat di neraca bagian debit, maupun berupa daya beli atau nilai tukar dari barang – barang itu yang tercatat di sebelah kredit.
  • Menurut Ivana Lestari, modal adalah  tiap hasil dari hasil produk yang digunakan untuk menghasilkan produk selanjutnya.
  • Menurut Bambang Riyanto, modal merupakan hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya kemudian modal ditekankan pada nilai dan aspek, daya beli atau kekuasaan untuk memakai atau menggunakan sesuatu yang terkandung dalam barang – barang modal.
  • Menurut Ikatan Akuntan Indonesia  ( IAI ), modal merupakan bagian hak pemilik dalam perusahaan yang merupakan selisih antara aset dan utang, sehingga bukan merupakan nilai jual perusahaan.
  • Menurut Yusdianto Prabowo, modal merupakan sejumlah harta yang menjadi hak milik suatu usaha.
  • Menurut Abdullah Amrin, modal adalah sejumlah uang yang diberikan oleh penyedia dana kepada pengelola mudharib dengan tujuan menginvestasikannya dalam aktivitas mudharabah.
  • Menurut Dedhi Sulistiawan, modal merupakan nilai sisa atas aktiva dikurangi kewajiban ( hutang ).
  • Menurut Khoe Yao Tung, modal merupakan sejumlah uang simpanan yang disetorkan seseorang / lembaga dengan imbalan bunga.
  • Menurut Yusdianto Prabowo, modal merupakan sejumlah harta yang menjadi hak milik suatu usaha.
  • Menurut Sugiarto, modal merupakan seluruh aktiva perusahaan yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan.
  • Menurut Soetanto Hadianto, modal merupakan dana yang berasal dari pemilik, bank, atau pemegang saham ditambah dengan agio saham dan hasil usaha yang berasal dari kegiatan usaha bank.

Secara Horizontal adanya Permodalan,dalam hal inipun harus perlu tersedianya Biaya Operasional ? Apakah Pengertian Biaya Operasional

Biaya Usaha / Operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan kegiatan operasional pokok perusahaan dan biaya usaha yang jumlahnya dalam laporan rugi laba akan di lawankan dengan laba kotor. Laba kotor merupakan hasil pengurangan antara jumlah pendapatan yang diperoleh dari usaha pokok perusahaan dikurangi dengan harga pokok penjualan. Sehingga dengan demikian dengan mengurangkan antara laba kotor dengan biaya usaha akan dihasilkan laba usaha atau laba operasional.

Biaya Usaha itu sendiri meliputi beban pemasaran dan beban administrasi. Biaya usaha ini sering disebutkan sebagai beban operasional yang merupakan beban yang dikeluarkan dalam rangka menyelenggarakan kegiatan operasional pokok perusahaan. Biaya untuk kegiatan tidak pokok perusahaan dimasukkan sebagai beban lain-lain.

Mulyadi,mengemukakan bahwa pengertian biaya operasional merupakan biaya –  biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual.Contohnya adalah biaya depresiasi mesin, euipment, biaya bahan baku, biaya bahan penolong, biaya gaji karyawan yang bekerja dalam bagian-bagian baik yang langsung maupun tidak langsung yang berhubungan dengan proses produksi.Menurut obyek pengeluarannya secara garis besar biaya produksi dibagi menjadi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung disebut pula dengan istilah biaya utama, sedangkan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik sering pula disebut dengan istilah biaya konversi, yang merupakan biaya untuk mengkonversi ( mengubah ) bahan baku menjadi produk jadi.

Menurut Sudarsono, menyatakan bahwa biaya operasi adalah biaya yang dikeluarkan untuk biaya operasional usaha suatu perusahaan. Biaya operasi ini dikelompokkan menjadi :

  • Biaya tetap , yaitu biaya yang jumlahnya tetap dalam kisaran volume kegiatan tertentu.Seperti biaya gaji karyawan yang jumlahya senantiasa tetap berapapun berubahnya volume kegiatan.
  • Biaya semi tetap, yaitu biaya yang tetap digunakan untuk tingkat volume kegiatan tertentu dan perubahan dengan jumlah yang konstan pada volume produksi tertentu.
  • Biaya variabel, yaitu biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Contoh biaya variabel adalah biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
  • Biaya semi variabel, yaitu biaya yang berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Biaya semi variabel mengandung unsur biaya tetap dan unsur biaya variabel.Sebagai Contoh dari biaya ini adalah biaya lembur, biaya bonus bagi karyawan yang menggapai pestasi tertentu.

Kemudian, pengertian biaya operasional menurut Matz , merupakan suatu biaya yang dikeluarkan mulai dari pembelian bahan baku kemudian diolah menjadi bahan jadi. Jenis biaya ini juga dikatakan sebagai biaya tenaga kerja yang secara langsung dapat diidentifikasikan terhadap produk tertentu. 

Baca Juga : Bentuk Bisnis Atau Usaha Kecil Yang Menguntungkan

Berbagi cara untuk mengembangkan suatu Bisnis / Usaha menjadi besar.Hal itupun terjadi karena adanya suatu landasan yang menjadi dasar dari suatu Bisnis yaitu Permodalan dan Biaya Operasional.

Semoga artikel kali ini bermanfaat buat anda para pelaku Bisnis,sekian dan terimakasih.

Loading...

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga Pengertian Permodalan Dari Para Ahli Bisnis Terbaru Mei 2018 bermanfaat.