Proses Bisnis Apakah Sudah Berjalan

Diposting pada

Jobsistem.com – Dalam menjalankan suatu Usaha atau Bisnis pasti kita membutuhkan adanya suatu Proses Bisnis. Lalu apakah yang di maksud dengan Proses Bisnis itu sendiri ?. Proses bisnis merupakan suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa beberapa bagian dari proses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tetapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari inti proses itu sendiri. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.

Business Process
Informasi Tentang Proses Bisnis

Seperti yang telah kita sebutkan di atas,para pakar ahli bisnispun mendefinikasikan Proses Bisnis seperti yang di bawah ini :

Davenport (1993) Proses Bisnis merupakan aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan tertentu. Terdapat di dalamnya penekanan yang kuat pada “bagaimana” pekerjaan itu dijalankan di suatu organisasi, tidak seperti fokus dari produk yang berfokus pada aspek “apa”. Suatu proses oleh karenanya merupakan urutan spesifik dari aktivitas kerja lintas waktu dan ruang, dengan suatu awalan dan akhiran, dan secara jelas mendefinisikan input dan output.

Hammer dan Champy’s (1993) Proses Bisnis merupakan kumpulan aktivitas yang membutuhkan satu atau lebih inputan dan menghasilkan output yang bermanfaat/bernilai bagi pelanggan.

Suatu Proses Bisnis harus mempunyai Karateristik Bisnis sendiri.Berikut adalah Karateristik Bisnis yang di angkap harus dimiliki oleh suatu Proses Bisnis :

  • Definitif adalah Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
  • Urutan adalah Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.
  • Pelanggan adalah Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
  • Nilai tambah adalahTransformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
  • Keterkaitan adalah Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.
  • Fungsi silang adalah Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.

Pemilik Proses, yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap kinerja dan pengembangan berkesinambungan dari proses, juga dianggap sebagai suatu karakteristik proses bisnis.

Proses Bisnis dapat kita jabarkan menjadi tiga jenis proses bisnis,di antaranya :

  • Proses Manajemen merupakan  proses yang mengendalikan operasional dari sebuah sistem. Contohnya semisal Manajemen Strategis
  • Proses Operasional merupakan proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran nilai utama. Contohnya semisal proses pembelian, manufaktur, pengiklanan dan pemasaran, dan penjualan.
  • Proses Pendukung merupakan mendukung proses inti. Contohnya semisal akunting, rekruitmen, pusat bantuan.

Sepertinya hanya itu yang bisa kami sampaikan tentang Proses Bisnis.Yang harus anda ingat adalah ” Ketika kita menjalankan suatu pekerjaan entah itu Bisnis atau yang lainnya,semua itu tidak ada yang instan namun perlu adanya Proses seperti Proses Bisnis yang kita bahas tadi ”.Sekian dan Terimakasih.

 

Loading...

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga Proses Bisnis Apakah Sudah Berjalan Terbaru Mei 2018 bermanfaat.